UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU KEMBALI MENERIMA PENDAFTARAN DOSEN KONTRAK DAN DOSEN TETAP

Selasa, 03 Januari 2012

Standar Mutu Kampus Islami Bedakan UMB dengan Perguruan Tinggi Lain

Kemerosotan akhlak yang terjadi pada generasi muda Bengkulu mengundang keprihatinan Pimpinan Universitas Muhammadiyah Bengkulu, betapa tidak berita tentang pelajar berbuat mesum, mahasiswa berpesta ganja seolah menjadi suguhan harian baik media cetak maupun elektronik.
Menyikapi kondisi ini Universitas Muhammadiyah Bengkulu melalui Balai Pengkaian dan Pengamalan Islam (BP2I) telah mentargetkan tahun 2012 sebagai tahun islamisasi kampus.
Ketua Balai Pengkajian dan Pengamalan Islam, Drs.H. Yohalin, MA mengatakan saat ini UMB telah menetapkan standarisasi kampus Islami. Pertama, standar kelulusan, mahasiswa dinyatakan lulus tidak semata berdasarkan prestasi akademiknya tetapi juga akan ditentukan oleh prilakunya/akhlaknya selama ia menjadi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu.
Kedua, standar sarana dan prasarana, tersedianya gedung dan ruang belajar yang refresentatif, fasilitas laboratorium serta fasilitas penunjang lainnya yang ada saat ini telah menunjang kelancaran proses belajar mengajar dan kita akan melengkapinya dengan fasilitas-fasilitas yang akan digunakan dalam praktek keislaman seperti manasik haji, memandikan, mengkafani dan menshalatkan jenazah. Ketiga, standar pembelajaran, seluruh dosen Universitas Muhammadiyah Bengkulu ditekankan untuk melakukan internalisasi ajaran-ajaran Islam dalam setiap mata kuliahnya masing-masing serta menjadikan Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah sebagai buku rujukan pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Keempat,  Standar Prilaku, seluruh dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu ditekankan untuk memiliki sikap, tutur kata serta menunjukkan prilaku yang islami. Khususnya dosen dan karyawan wajib memberikan pelayanan prima dan mengedepankan etos kerja islami.
Wakil Rektor Bidang Akademik Drs. H. Onsardi, M.M. mengatakan bahwa salah satu Standar Mutu yang membedakan UMB dengan universitas lainnya adalah Standar Mutu Islami yaitu Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang memiliki prioritas dalam pembinaan akhlak generasi muda.