UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU KEMBALI MENERIMA PENDAFTARAN DOSEN KONTRAK DAN DOSEN TETAP

Selasa, 10 Januari 2012

Jadi Walikota Jangan Seperti Menjadi Raja

Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Dr. H. Khairil, M.Pd. punya 7 kriteria yang harus dimiliki calon Walikota Bengkulu kedepan.
Pertama, harus memiliki kemampuan yang menjadikan Kota Bengkulu eksis, antisipatif dan inovaitf. Kedua, berkemampuan mengembangkan potensi menjadi kekuatan nyata, yang dilandasi dengan political will dan political action. "Kalau merasa punya kemampuan menjawab tantangan ini, silahkan maju. Tapi kalau tidak, tidak usahlah mencalon. Saya bukan ingin menciutkan nyali para bakal calon, tapi kriteria ini penting" ungkap Khairil saat menjadi keynote speaker acara Seminar Kritis Mencari Sosok Walikota Bengkulu yang diselenggarakan BEM UMB di Aula Kampus II UMB.
Ketiga, calon walikota harus memilki kemampuan mengatasi tantangan berkaitan dengan pandangan egosentris dan sempit, warisan masalah masa lalu serta tantangan persaingan. "Mentang-mentang jadi kepala daerah, tidak mau lagi tunduk pada provinsi. Ini ego namanya. Setelah jadi Walikota seperti jadi raja, minta dilayani" Kritik khairil.

Keempat, memiliki kemampuan menata pemerintahan kota yang bebas KKN. Kelima, Memiliki kemampuan meningkatkan pelayanan publik sesuai kebutuhan dan kepentingan masyarakat. Keenam, memiliki kemampuan akseptabilitas, kapabilitas, dan kompabilitas. Ketujuh, memilki kemampuan mensinergikan stakeholders.